Sewa Mobil Hiace Yogyakarta

Tempat – tempat Asyik, Seru dan Instagramable di Kota Jogja

Jogja, kota yang menyimpan segudang tempat asyik dan penuh keindahan. mulai dari kehidupan masyarakatnya yang sangat bersahaja, makanan, bangunan bersejarah hingga tempat wisata yang sangat menawan dan masih banyak lagi keunikan yang membuat kota gudeg ini menjadi sangat nyaman untuk disinggahi. Kamu sudah pernah ke Jogja?

Berikut adalah beberapa tempat di tengah kota jogja yang wajib kamu kunjungi bila berlibur ke Jogja.

Tempat Wisata di Jogja

Keraton Jogja

Keraton Jogja lokasinya berada pada sumbu imajiner antara pantai parangtritis, Tugu Gunung, Merapi dan Keraton Jogja. Keraton adalah tempat tinggal raja dan keluarganya. adalah satu-satunya keraton yang masih punya pengaruh kekuasaan di Indonesia serta menjadi simbol kejayaan Kesultanan Jogja dan pusat jantung kebudayaan Jawa.

Sampai saat ini Keraton Jogja masih menjadi tempat tinggal Raja Jogja yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono bersama keluarganya. Tidak hanya itu saja, Keraton Jogja juga menjadi tempat wisata yang boleh dikunjungi siapapun. Pengunjung harus berpakaian rapi,  sopan selama dalam Keraton Jogja adalah syarat wajib yang perlu diketahui oleh pengunjung.

Keraton Jogja  memiliki bangunan yang megah dan kental dengan nuansa Jawa serta berbagai macam koleksi – koleksi dari para raja dan keluarga di dalamnya. Selain itu di dalam keraton ada pertunjukan seni dan kehidupan para abdi dalem. kamu juga bisa menyaksikan beragam upacara adat atau prosesi yang digelar di dalam Kraton jika datang pada saat yang tepat.

Di dalam komplek keraton Jogja terdapat berbagai macam ruang pameran koleksi benda – benda kuno seperti keramik, koleksi batik kuno, lukisan dan benda antic kuno lainnya .

Keraton Jogja  terbuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari dari jam 9 pagi Hingga jam 2 siang, khusus hari Jumat keraton tutup pukul 11 siang. Tiket masuk Jogja sebesar Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp15.000 untuk wisatawan asing.

Keraton Jogja
Keraton Jogja https://jogya.com

Tugu Jogja

Tugu jogja juga paling sering dikenal dengan istilah Tugu Pal putih karena cat yang dipakai sejak dulu adalah warnanya putih. Selain menjadi salah satu tempat penting landmark di kota jogja, Tugu Jogja juga merupakan spot instagramable di kota gudeg ini, kurang lengkap rasanya bila liburan ke jogja tanpa mampir di tugu jogja.

Tugu Jogja dibangun ulang oleh pemerintahan Belanda setelah terjadi gempa hebat di Jogjakarta 10 Juni 1867 dan mengakibatkan runtuhnya bangunan yang aslinya bernama tugu Golong Gilig. Menurut sejarah Tugu Yogyakarta dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755.

Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jendral Sudirman ini mempunyai nilai simbolis dan bukan tugu biasa. Tugu ini juga merupakan garis yang bersifat magis, menghubungkan Laut Selatan, keraton jogja dan gunung merapi. Mitosnya pada saat melakukan meditasi sultan Jogja menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung merapi .

Tugu Jogja
Tugu Jogja/ pal putih @malioboro_insta

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg Yogyakarta adalah salah satu sumber sejarah penting di Yogyakarta. Benteng yang dibangun pada tahun 1765 ini merupakan pusat pemerintahan dan pertahanan Belanda, terutama untuk menahan serangan dari Keraton Jogja. lokasi ini dekat sekali dengan keraton Jogja, makanya pertahanan yang kuat serta benteng ini dibangun dengan dikelilingi oleh parit.  tapi kini parit – parit tersebut sudah tidak begitu terlihat, hanya terlihat dibagian depan Benteng saja.

Benteng Vredeburg sendiri berbentuk persegi dan memiliki menara pantau, dan yang biasa disebut sebagai bastion pada ke empat sudutnya. Kini Benteng Vredeburg sudah tidak dipakai sebagai benteng pertahanan lagi, akan tetapi sudah menjadi museum dan salah satu tempat wisata di jogja.

Malioboro

Nomor satu adalah Jalan Malioboro, jadi Jalan Malioboro ini adalah salah satu tempat wisata  dan mungkin ini adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis.  Jalan Malioboro sendiri adalah nama salah satu dari 3 jalan yang membentang dari Tugu Jogja hingga ke perempatan kantor pos Jogja.

Jalan Malioboro ini juga paling asik untuk jalan kaki dan shoping. Jalan yang selalu ramai dengan pedagang kaki lima yang menjual kerajinan khas jogja, hingga warung lesehan yang menjual makanan khas Jogja. Dan tentu saja kamu juga bisa menemukan gudeg Jogja di sini.

Jalan Malioboro juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman mereka yang sering menampilkan kemampuan mereka seperti bermain musik melukis happening art, pantomime dan banyak lainnya. pokoknya yang jelas Jalan Malioboro ini adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang gak boleh kamu lewatkan.

Pasar Beringharjo

Kurang lengkap rasanya bila Liburan tanpa belaja, ibarat seperti sayur tanpa garam. Selain Jalan Malioboro, kamu juga bisa mampir ke salah satu tempat yang merupakan salah satu tempat populer untuk belanja di Jogja yaitu Pasar Beringharjo. Seperti namanya pasar ini memiliki makna harfiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga jogja.

Pasar Beringharjo ini adalah pasar tertua yang memiliki historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan keraton jogja. Beringharjo sangat lekat dengan keseharian masyarakat jogja.

Pasar Beringharjo merupakan salah satu tempat yang sempurna untuk berbelanja oleh – oleh. ada banyak jenis barang yang dapat dibeli di pasar Beringharjo seperti batik , jajan Pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji serta bahan dasar jamu tradisional, sembako, barang antik.

Taman Sari

Sekarang Tamansari menjadi salah satu destinasi paling hits di Jogja, karena ada banyak tempat menarik untuk berburu foto Instagram di Tamansari. Salah satu tempat yang bersejarah dan menarik di Jogja ini, dulunya adalah sebuah kebun istana Keraton Jogja. dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono 1 pada tahun 1758 hingga 1765.

Awalnya taman yang mendapat sebutan The Fragrant Garden  memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan terdapat sekitar  57 bangunan. meliputi gedung, kolam pemandian, jembatan gantung. kanal air, danau buatan hingga lorong bawah tanah.

Nol Kilometer

Sebenarnya kawasan Nol Kilometer ini berada di pusat kota Jogja tak jauh dari Jalan Malioboro dan bukan berada pada lokasi tempat Tugu Pal putih berada. lokasinya berada pada pertemuan dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, jalan panembahan senopati dan ruas jalan menuju alun – alun utara keraton Jogja. Ada yang menyebutkan bahwa titik Nol Kilometer merupakan tempat dimulainya segala kisah tentang Jogja.

Museum Kereta Keraton Jogja

Museum kereta keraton di Jogja ini bisa menjadi pilihan untuk di kunjungi. Museum ini menyimpan berbagai macam kereta kuda keraton Jogja yang digunakan untuk kepentingan keraton maupun kepentingan pribadi.

Museum yang telah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono 7 ini, memiliki berbagai macam kereta kuda yang umurnya mencapai ratusan tahun. Diantaranya kereta Mondro Juwolo, kereta kuda yang pernah dipakai oleh Pangeran Diponegoro dan Kereta Kanjeng Nyai Jimad adalah kereta yang paling tua dengan angka tahun pembuatan 1750.

bila berkunjung ke museum kereta Keraton kamu akan disajikan berbagai bentuk kereta kuda. Jenis Kereta di Museum Kraton Yogyakarta diantaranya, Kereta atap terbuka dan beroda dua, Kereta atap terbuka dan beroda empat, Kereta atap tertutup beroda empat.

Setiap kereta di museum kereta Keraton akan menjadi benda pusaka Keraton ini. Setiap kereta akan dapat berupa ritual sebagai bentuk penghormatan yang dikenal dengan nama jabatan bagian dan mendoakan itu aja masalah diadakan pertama artinya ritual yang dikenal dengan Jamasan atau disebut juga Siraman Pusaka, merupakan upacara rutin yang dilaksanakan oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kata “siraman” maupun “jamasan” berasal dari bahasa Jawa, yang berarti memandikan atau membersihkan. Upacara ini diselenggarakan dalam rangka membersihkan benda-benda pusaka milik Keraton Yogyakarta. Jamasan dilaksanakan setiap hari Selasa Kliwon pada bulan Sura (Muharram), bulan pertama dari kalender Jawa.

Bus Wisata ke Jogja

Itu tadi adalah rangkuman tempat wisata di Jogja, Anda bisa menjadikan referensi saat nanti melakukan perjalanan wisata dari Jakarta ke Jogjakarta. Untuk keperluan wisata tersebut, anda akan membutuhkan bus wisata ke Jogja. Ada beberapa kendaraan bus yang bisa di sewa yakni Hiace Commuter, Bus Medium dan Bus Pariwisata.

Bisa jadi juga mungkin Anda membutuhkan kendaraan sewa premium seperti Alphard, Hyundai H1 atau Hiace Luxury. Cipendawa Rent Jakarta siap memberikan layanan sewa bus wisata untuk kebutuhan Anda, dengan harga sewa yang murah namun mewah.

Pemesanan

Ingin segera menjelajahi tempat wisata di Jogjakarta? Anda bisa segera menghubungi Cipendawa rent bus tersedia unit sewa bus yang bisa Anda gunakan dalam perjalanan wisata pribadi, perusahaan maupun instansi pemerintah.

Saluran telpon layanan pelanggan respon cepat dibawah ini:

  • 08170079567 telp & WA
  • 08158109567 telp & WA
  • 08118809567 telp & WA

Atau bila ingin berdiskusi melalui email:

  • info@cipendawa.com
  • sewa@cipendawa.com

Juga bisa melalui formulir pemesanan di halaman kontak kami.

Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Kegiatan
Daftar Harga
Scroll to Top
×

Halo!

Silahkan klik untuk chat dengan admin atau kirim email ke sewa@cipendawa.com

× Sewa Mobil atau Bus? Chat Saja