Sewa Mobil Hiace Commuter Jakarta

7 Tempat Ziarah di Jakarta, Dimana Saja?

Pada hampir semua wilayah di Pulau Jawa, terdapat banyak makam orang-orang besar sebagai tempat ziarah, tak terkecuali tempat ziarah di Jakarta yang banyak terhampar dari wilayah selatan hingga utara Jakarta. Selain juga terkenal sebagai kota metropolitan serta kota penuh sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di Jakarta, berbagai macam suku dan ras hidup berdampingan sebagai bagian dari kaum urban. Semenjak Jakarta menjadi ibu kota, Jakarta selaksa magnit yang sangat menarik bagi para pemburu dan pengadu nasib ke masa depan. Dan siapa sangka jika di Jakarta juga banyak tempat ziarah untuk berburu berkah serta kemuliaan para wali.

Tempat Ziarah di Jakarta

Lantas, dimana sajakah lokasi atau tempat ziarah di Jakarta? Dan apakah bisa dikunjungi langsung dalam satu hari? Berikut ini lengkapnya:

1. Makam Mbah Priok

Lahir di di Ulu, Palembang, Sumatera selatan, pada tahun 1291 H / 1870 M. Semasa kecil beliau mengaji kepada kakek dan ayahnya di Palembang. Habib Hasan bin Muhammad Al Hadad, merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di Jakarta yang terkenal dengan sebutan Mbah Priok karena domisili (makam) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Makam Mbah Priok ini terletak di dalam kawasan Makam Kramat Koja, merupakan salah satu tempat ziarah di Jakarta yang paling banyak di kunjungi dalam sehari – harinya, apalagi semenjak di renovasi oleh Pemkot DKI menjadi lebih bagus dan tertata rapi.

Tempat Ziarah di Jakarta Mbah Priok
Makam Mbah Priok, foto: Kompas.com

2. Makam Luar Batang

Masjid Jami Keramat Luar Batang atau juga populer dengan sebutan Masjid Luar Batang adalah sebuah bangunan ibadah bersejarah yang berada di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Di masjid ini terdapat makam seorang ulama bernama Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal dengan ‘Habib Husein’ atau Habib Luar Batang.

Masjid Jami Keramat Luar Batang dibangun Habib Husein pada Abad ke-18. Habib Husein sendiri dikenal sebagai salah seorang tokoh penentang Kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa. Karena sikapnya tersebut, ia sempat merasakan kehidupan penjara. Habib Husein wafat pada 24 Juni 1756 dalam usia yang relatif masih muda, yaitu kurang dari empat puluh tahun.

Makam Luar Batang
Makam Luar Batang, Foto Liputan6.com

3. Makam Al Hawi Condet

Makam ini terletak di kawasan Condet, Jakarta Timur, yang berada dalam sebuah kompleks makam para ulama dan habib terkenal. Sejumlah Habib karismatik yang dimakamkan di sana, antara lain, Habib Zain bin Abdullah Alaydrus, Habib Salim bin Jindan, Habib Ali bin Husein Alatas, dan Habib Umar bin Hud Alatas.

Habib Zain merupakan salah satu ulama yang mendirikan madrasah pertama di Jakarta, yaitu Jamiat Khair, pada 1322 H/1902. Habib Zain lahir di As-Suweiry, dekat Tarim, Hadramaut, pada 1289 H/1869 M. Ketika berusia 12 tahun, ia hijrah ke Indonesia bersama beberapa saudaranya.

Makam Al Hawi Condet
Makam Al Hawi Condet, foto Medcom.id

4. Makam Pangeran Jayakarta

Makam Pangeran Jayakarta bersebelahan dengan Masjid As Salafiah, tepatnya di Jalan Jatinegara Kaum. Memasuki kawasan masjid, pengunjung akan melihat sebuah pendopo. Di pendopo yang berukuran 10×10 meter ini, terdapat lima makam. Salah satu makam tersebut merupakan makam Pangeran Jayakarta. Makam ini dapat dikenali dari tulisan Achmad Jacetra pada batu nisannya. Sementara di sebelahnya, terdapat makam Pangeran Lahut yang merupakan putera dari Pangeran Achmad Jacetra.

Untuk mengenang perjuangan Pangeran Jayakarta, pada ulang tahun Kota Jakarta ke-441, Gubernur Ali Sadikin meresmikan berdirinya Makam Pangeran Jayakarta. Kemudian, pada 1999, berdasarkan Perda Khusus Ibukota Jakarta No. 9, Makam Pangeran Jayakarta diangkat statusnya menjadi benda cagar budaya. Sebagai benda cagar budaya, segala bentuk perubahan harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keaslian makam.

Setiap hari selalu ada peziarah yang datang ke Makam Pangeran Jayakarta. Biasanya para mengunjung akan mengaji sambil berdoa mengharap berkah. “Peziarah yang datang tidak melulu dari Jakarta, terkadang ada peziarah yang sengaja datang dari Banten, bahkan dari Surabaya. Biasanya menjelang bulan puasa, peziarah makin ramai,” ungkap seorang penjaga makam.

makam pangeran jayakarta
Makam Pangeran Jayakarta, foto aroengbinang.com

5. Makam Habib Ali Kwitang

Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi, atau dikenal dengan nama Habib Ali Kwitang adalah salah seorang tokoh penyiar agama Islam terdepan di Jakarta pada abad 20. Ia juga pendiri dan pimpinan pertama pengajian Majelis Taklim Kwitang yang merupakan satu cikal-bakal organisasi-organisasi keagaaman lainnya di Jakarta.

Makam habib Ali Kwitang ini terdapat di dalam masjid Kwitang yang berada tepat di dalam kota Jakarta, dekat dengan Tugu Tani dan Gambir. Dijuluki Habib Ali Kwitang karena rumah dan makamnya terletak di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Makam Habib Ali Kwitang salah satu tujuan favorit tempat ziarah di Jakarta.

Makam Habib Ali Kwitang
Makam Habib Ali Kwitang, foto DutaIslam.com

6. Kampung Bandan

Ada tiga makam di sekitar Masjid Al-Mukarramah, Kampung Bandan, di tepi Jalan Lodan Raya, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Ini adalah makam Habib Muhammad bin Umar Al-Qudsi (wafat 23 Muharam 1118 H/1698 M), Habib Ali bin Abdurrahman Ba’alwi (wafat 15 Ramadan 1122 H/1702 M).

Dan Habib Abdurahman bin Alwi Asy-Syathri (wafat 18 Muharam 1326 H/1906 M), pendiri Masjid Al-Mukarramah. Masjid yang berdiri di tanah seluas 700 meter persegi itu teduh, karena dikelilingi pepohonan yang rimbun. Namun, karena masjid tidak memiliki lahan parkir yang luas, para jemaah harus parkir di tepi Jalan Lodan.

Masjid Keramat Kampung Bandan
Masjid Keramat Kampung Bandan, foto suara.com

7. Habib Kuncung Kalibata

Masjid itu berdiri dengan begitu kokoh di dekat pusat keramaian kawasan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Meski begitu, suasana terasa begitu asri dengan banyaknya pohon berdiri di sekitar masjid.

Masjid At Taubah yang terletak di Jalan Rawajati Timur II No.70 RT.03/RW.08 Kelurahan Rawajati Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan ini memang kerap dikunjungi peziarah. Ini lantaran di kompleks masjid itu terdapat makam seorang ulama terkenal, Habib Ahmad bin Alwi Al Hadad atau Habib Kuncung.

makam habib kuncung
Makam Habib Kuncung, foto mpokiyah.com

Bisakah Dikunjungi dalam 1 Hari?

Mengunjungi makam-makam keramat sebagai tempat ziarah di Jakarta, bisa dilakukan dalam satu hari perjalanan. Mengambil waktu dari pukul 06.00 wib akan bisa selesai pukul 16.00 wib bila diasumsikan setiap tempat memerlukan waktu 1 jam ziarah untuk berdoa. Seperti banyak dilakukan oleh para peziarah pada umumnya.

Namun ada kendala bagi rombongan pengunjung tempat ziarah di Jakarta bila menggunakan bus pariwisata dengan ukuran lebih dari 20 penumpang. Mengunjungi atau berziarah ke tempat keramat di jakarta akan lebih mudah menggunakan mikrobus seperti toyota hiace commuter atau isuzu elf long.

Ini dikarenakan kondisi lingkungan tempat ziarah di Jakarta yang rata – rata padat. Peziarah harus memarkir bus besarnya di tempat yang lumayan jauh dan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki, namun tidak bila menggunakan toyota hiace commuter atau isuzu elf long. Peziarah bisa mendekati makam dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin juga menikmati tempat – tempat wisata selain wisata religi, bisa juga mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah atau Museum Bank Indonesia di Jakarta. Dengan menggunakan bus wisata berkeliling ke berbagai tempat rekreasi lainnya.

Pemesanan

Bersiap melakukan perjalanan ke tempat ziarah di Jakarta? Anda bisa segera menghubungi Cipendawa rent bus, siap memberikan layanan sewa mobil dan bus luxury untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. 

Saluran telpon layanan pelanggan respon cepat dibawah ini:

  • 08170079567 telp & WA
  • 08158109567 telp & WA
  • 08118809567 telp & WA

Atau bila ingin berdiskusi melalui email:

  • info@cipendawa.com
  • sewa@cipendawa.com

Juga bisa melalui formulir pemesanan di halaman kontak kami.

Sumber:

Terkait

1 komentar untuk “7 Tempat Ziarah di Jakarta, Dimana Saja?”

  1. Ping-kembali: Bus Wisata Di Jakarta, Keliling Harga Murah » Cipendawa Rent Jakarta 08170079567

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Kegiatan
Daftar Harga
Scroll to Top
×

Halo!

Silahkan klik untuk chat dengan admin atau kirim email ke sewa@cipendawa.com

× Sewa Mobil atau Bus? Chat Saja