Sewa Mikro Bus dan Medium Bus

Tips Sewa Mobil Untuk Liburan dan Lebaran

Liburan telah tiba. Sewa mobil terkadang jadi pilihan karena beberapa alasan seperti jumlah anggota keluarga atau teman yang berangkat berjumlah banyak sehingga membutuhkan mobil yang lebih besar, atau kita ingin santai tanpa perlu kelelahan dalam menyetir atau kita tak mengenal daerahnya sehigga memerlukan supir, atau juga kita ingin menggunakan tranportasi umum menuju kampung halanan tapi menyewa mobil untuk berkendara disana.

Namun sebelum menyewa, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Mulai dari reputasi penyewaan mobil sampai “lepas kunci”. Karena sewa mobil lebaran dan sewa mobil untuk liburan adalah masa yang ramai untuk sewa mobil.

Cari rental mobil terpercaya

Tak sedikit orang yang terkena tipu saat menyewa mobil. Misal, Anda dikenakan biaya tambahan yang tidak lazim untuk kelebihan waktu sewa. Ada pula yang tiba-tiba menemukan kerusakan di badan mobil dan meminta kita menggantinya, padahal kita menyetir dengan aman-aman saja. Oleh karena itu cari dulu rental mobil yang terpercaya dan terbukti jujur. Anda bisa mencarinya di internet, biasanya rental mobil yang punya situs sendiri seperti cipendawa.com bisa dipercaya. Jika tidak, tanyakan kepada teman atau kerabat Anda yang tinggal di kota bersangkutan. Mintalah rekomendasi mereka soal tempat menyewa mobil yang aman.

Pesan jauh-jauh hari

Periode liburan, rental mobil pasti diincar banyak wisatawan. Disebut ‘peak season’. Oleh karena itu ada baiknya Anda memesan jauh-jauh hari. Namun ketahui terlebih dahulu, tanggal berapa pastinya Anda akan menyewa mobil. Semakin dekat menuju Lebaran, harga sewa akan semakin tinggi. Pilihan mobil pun akan semakin sedikit.

Ketahui kisaran harga sewa

Penting bagi Anda untuk mengetahui kisaran harga sewa mobil. Harga sewa di kota besar dan kota kecil tentunya berbeda. Umumnya, harga sewa mobil jenis MPV saat ini sekitar Rp 450.000 sampai Rp 800.000 per hari.

Lama penyewaan

Beda daerah, beda lagi kebijakan sewa mobilnya. Di Yogyakarta misalnya, umumnya lama penyewaan mobil adalah 12 jam. Sementara di Bali, umumnya mobil disewakan selama 10 jam. Pastikan Anda mengembalikan mobil sebelum habis waktu sewa. Jangan lupa tanyakan biaya tambahan apabila melewati batas waktu.

“Lepas kunci”

Saat menyewa mobil, Anda diberikan opsi apakah mau “lepas kunci” atau tidak. Ini berarti apakah Anda mau menyetir mobil sendiri, atau mau menggunakan jasa supir. “Lepas kunci” alias menyetir sendiri tentu biayanya lebih murah. Jika Anda tak kenal daerah tersebut, ada baiknya menggunakan jasa supir.

Cek kondisi kendaraan

Sebelum membawa pergi mobil sewaan, cek terlebih dahulu kondisinya. Pastikan tak ada cacat apa pun pada badan dan bagian dalam mobil. Jika ada, laporkan kepada petugas penyewaan. Tak sekadar fisik mobil, cek juga tiap fungsinya. Mulai dari rem, air, hingga aki mobil. Hal ini berguna untuk menghindari Anda ditipu ketika mobil dikembalikan.

Bayar di muka

Beberapa penyewaan mobil menerapkan sistem bayar di muka. Anda bisa membayarnya langsung ketika memesan kendaraan. Biasanya, rental mobil memberikan diskon jika Anda mengambil opsi ini. Ada juga yang menerapkan DP 30% dimuka, dan sisanya 70% dibayarkan setelah pemakaian.

Bensin

Banyak rental mobil yang menyewakan kendaraan lengkap dengan bensinnya. Pastikan Anda mengetahui betul mobil yang Anda bayar sudah termasuk apa saja, misal hanya supir, atau supir dan bensin diluar tol dan parkir, atau sudah ‘all in’ artinya semua sudah termasuk dalam biaya sewa.

Baca juga:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo!

Silahkan klik untuk chat dengan admin atau kirim email ke sewa@cipendawa.com

× Sewa mobil? Hubungi kami